Sejarah Domino dan Asal Mula Permainan Ini

sejarah permainan dominoqq

Permainan domino berasal dari permainan cina tradisional konon telah dimainkan sejak tahun Dinasti Song, China. Bagaimana versi lengkap dari sejarah permainan domino ini?  Domino atau yang juga dikenal dengan nama gapleh adalah salah satu jenis permainan kartu yang sangat terkenal di banyak negara asia, termasuk Indonesia. 

Permainan kartu generik ini sendiri sebenarnya masih masuk ke dalam kategori tile-based-games, yang artinya permainan ini biasanya dimainkan menggunakan tile (ubin kecil berbentuk persegi).  Namun di beberapa asia, Domino yang digunakan terbuat dari kartu.

Di Indonesia, permainan kartu Domino ini biasanya dimainkan menggunakan kartu kecil berukuran 3×5 cm. Kartu ini menjadi sarana pengganti tile (ubin persegi kecil) yang biasanya digunakan untuk memainkan permainan yang satu ini. 

Meskipun merupakan salah satu merupakan salah satu jenis permainan kartu yang populer di banyak negara asia. Banyak orang yang tidak mengetahui asal-usul atau sejarah Domino ini. Padahal permainan kartu ini memiliki sejarah yang terbilang cukup tua.

Ulasan Tentang Sejarah Domino

Melansir ulasan tentang sejarah permainan domino di halaman Wikipedia, permainan domino QQ merupakan evolusi dari permainan asal Tiongkok China. Berdasarkan tulisan dari penulis dari era Dinasti Yuan (1271-1368), Zhou Mi, disebutkan bahwa pupai dan juga dadu telah diperdagangkan selama masa pemerintahan Kaisar Xiaozong (1162-1189). 

Pupai yang dimaksud disini merujuk pada tile (ubin atau plakat yang digunakan dalam perjudian). Berdasarkan tulisan dari salah satu seorang sarjana dan juga penulis di era kekaisaran china, Lu Rong (1436-1494), disebutkan secara eksplisit bahwa Pupai yang dimaksud dalam tulisan Zhou Mi merujuk pada domino. 

Terkait dengan sejarah Domino sendiri sebenarnya terdapat banyak sekali versi sejarah yang berbeda, salah satunya adalah tulisan dari seorang novelis China bernama Qu You yakni Manual of The Xuanhe Period. Namun tulisan ini banyak dianggap sebagai fiksi dan pemalsuan terhadap sejarah.

Versi lain dari sejarah Domino QQ juga tertulis dalam Encyclopedia of a Myriad of Treasures yang ditulis oleh Zhang Phu (1602-1641). Dalam Encyclopedia of a Myriad of Treasures ini, Zhang Phu menjelaskan permainan domino merujuk pada permainan pupai, meskipun terdapat sedikit perubahan pada namanya.

Di Cina sendiri, dikenal beberapa jenis permainan domino tradisional. Adapun beberapa diantaranya seperti Tien Gow, Pai Gow dan juga Che Deng. 

Sejarah Domino Di Daratan Eropa

Berdasarkan lansiran dari halaman Wikipedia, permainan domino pertama kali muncul di Eropa pada awal abad ke-18. Kala itu, permainan kartu domino ini dimainkan pertama kali di negara italia, sebelum akhirnya menyebar ke sejumlah negara barat lainnya mulai dari Austria, Jerman bagian selatan dan juga perancis.

Setelah mulai memasuki negara perancis, permainan domino ini juga mulai dikena Inggris pada tahun 1700-an. Mengutip informasi dari salah satu literature Amerika tahun 1860-an, disebutkan bahwa konon para tawanan perang perancis yang membawa permainan kartu ini. 

Pada tahun 1899, permainan domino menjadi sangat populer di Eropa. Bahkan dari sebuah ulasan di Wikipedia menjelaskan bahwa ketenaran permainan domino telah menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia. 

Meskipun demikian, perancis dan belgia menjadi negara dimana permainan domino ini paling sering ditemukan. Bahkan sejumlah café di kedua negara tersebut menawarkan fasilitas untuk bermain permainan domino ini.

Setelah memasuki Eropa, terjadi cukup banyak evolusi pada permainan domino. Terdapat beberapa varian permainan domino yang bermunculan di Eropa. Sebut saja beberapa diantaranya seperti Domino à la Pêche (Fishing domino), Cribbage Dominoes, Muggin dan lainnya.  

Domino sendiri juga merupakan salah satu dari beberapa varian permainan kartu domino yang berkembang di Eropa. 

Perbedaan DominoQQ di Cina dan Negara Barat

Bicara mengenai tentang perbedaan antara permainan domino di cina dan negara barat. Kami sebenarnya tidak dapat mendapatkan banyak sumber informasi mengenai hal ini. Namun berdasarkan ulasan di Wikipedia, kami menemukan salah satu perbedaan antara domino di China dan barat ini terdapat pada jumlah susunan kartu domino yang digunakan.

Pada permainan domino di China, diketahui jumlah set kartu yang digunakan adalah sebanyak 32 potong. Sedangkan pada permainan domino di barat mulai dari pertengahan abad ke-18, jumlah set kartu yang digunakan hanya sebanyak 28 potong. Hal ini adalah salah satu bentuk evolusi dari permainan kartu domino setelah memasuki barat yang dimaksud sebelumnya.

Selain itu, negara barat memiliki lebih banyak varian dari permainan domino seperti fishing domino, Domino QQ, all five dominos yang telah sempat disebutkan pada ulasan di atas. 

Sejarah Turnamen Domino Di Masa Lalu

Masih membahas mengenai sejarah domino. Sama dengan permainan poker, ternyata di masa lalu sempat diselenggarakan turnamen permainan domino bertaraf internasional. Kompetisi domino internasional ini sendiri diselenggarakan oleh sejumlah organisasi dan klub domino di seluruh dunia. 

Terkait dengan turnamen atau kompetisi domino internasional, terdapat sangat sedikit ulasan yang membahas mengenai hal ini. Kami sendiri hanya menemukan bahwa kompetisi domino tingkat dunia yang pernah diselenggarakan adalah turnamen domino bernama Commemorative Coin of the 2011 Domino’s World Championship  yang diadakan di Abkhazia, Georgia.

Berbeda dengan informasi tentang turnamen domino, terdapat cukup banyak ulasan mengenai Domino Show. 

Untuk anda yang belum familiar dengan istilah domino show ini, Domino show ini adalah sejenis acara dimana sejumlah domino (domino jenis tile), disusun berurutan dengan pola atau bentuk tertentu. Selanjutnya, salah satu domino yang berada ujung dari baris domino yang telah disusun akan dijatuhkan untuk menciptakan reaksi jatuh berantai atau yang dikenal dengan istilah domino effect. 

Berdasarkan catatan sejarah di Wikipedia, Domino Show ini pertama kali dipertunjukan pada tahun 1976 oleh seorang pria bernama Bob Speca, Jr yang berasal dari kota Bromall, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Sejak saat itu, Domino Show menjadi salah satu pertunjukan yang cukup terkenal di dunia. Bahkan hal tersebut membuat munculnya kompetisi Domino berkonsep Builder’s Challenge, dimana para tim pemain yang tergabung dalam tim harus menyusun domino dengan pola atau desain tertentu selama batas waktu yang ditentukan.

Sejarah Permainan Domino Di Indonesia

Di Indonesia permainan domino telah menjadi salah satu permainan kartu yang sangat merakyat dan sering dimainkan saat berkumpul bersama teman. Domino sendiri di Indonesia lebih familiar dengan nama Gaple.

Namun terdapat sisi gelap dari permainan yang satu ini. Di Indonesia, terdapat banyak oknum yang menjadikan permainan domino sebagai sarana untuk berjudi. Hal ini sebenarnya bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di banyak negara yang mengenal permainan domino ini.

Perjudian sendiri di Indonesia termasuk sebagai salah satu tindakan melanggar hukum. Sehingga permainan domino yang ditujukan untuk perjudian dapat dijerat dengan sejumlah pasal pidana, seperti Pasal 303 ayat 1 KUHP dan pasal 303 bis ayat 1 dengan hukuman yang cukup berat.

Perkembangan Permainan DominoQQ Saat Ini

Dibandingkan dengan di masa lalu, permainan dominoqq hari ini dapat dikatakan sangat berkembang.

Untuk turnamen permainan DominoQQ sendiri, penelusuran kami menemukan bahwa kebanyakan turnamen yang dilakukan adalah menggunakan aplikasi permainan domino. Salah satu catatan turnamen domino QQ yang kami berhasil temukan adalah turnamen dominoQQ di Indonesia yang diselenggarakan oleh perusahaan penyedia jasa teknologi gambling bernama MenaraQQ di tahun 2016, tepatnya tanggal 25 januari.

Pada turnamen domino QQ tersebut, penyelenggara menyediakan tablet yang telah diinstal game domino qq. Game inilah yang digunakan sebagai saranan pertandingan dalam turnamen.

Saat ini, permainan domino telah memasuki ranah digital dan dapat dimainkan melalui Smartphone maupun komputer (berbasis aplikasi). 

Jika anda menelusuri di Google Play Store atau Apple Store, anda akan menemukan banyak rekomendasi game  domino qq berbeda yang dapat dimainkan.

Tentu saja setiap game tersebut memiliki konsep dan juga keunggulan yang berbeda-beda. Umumnya, jenis game domino qq mobile dapat dimainkan secara online, sehingga penggunanya dapat bermain dan melawan pemain lainnya.

Selain diadaptasi dan didistribusikan dalam bentuk aplikasi, terdapat juga sejumlah situs yang menawarkan layanan permainan domino qq ini (web-based). Namun biasanya untuk dapat bermain di situs permainan domino qq ini, anda diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu di situs tersebut.

Penutup

Poinnya, saat ini permainan domino bukan lagi menjadi sebuah permainan tradisional yang hanya dimainkan secara langsung. Melainkan telah menjadi permainan modern yang dapat dimainkan secara online melalui Smartphone maupun komputer.

Sekian sedikit ulasan kami mengenai sejarah dominoqq ini. Bagaimana? Apakah anda pernah memainkan permainan dominoQQ yang kami ulas di atas?.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *